masjid mewah korea

5 Masjid Mewah yang Ada di Negeri K-Pop

masjid mewah korea
masjid mewah korea

Menurut agent88bet Korea Selatan yang tengah berkembang menjadi negara maju ini memiliki berbagai budaya dan kultur. Bukan melulu orang pribumi Korea Selatan saja yang bermukim di negara semua K-Pop. Banyak suku bangsa, etnis, dan agama yang menjadikan Korea Selatan sebagai lokasi tinggal. Salah satunyaialah umat muslim yang menjadi unsur dari Korea Selatan.

Walaupun menjadi minoritas, umat muslim di Korea Selatan berkembangpaling pesat. Di negeri K-Pop ini ternyata menyimpan masjid-masjid megah nan mewah yang menjadi lokasi ibadah umat muslim Korea Selatan. Negeri ginseng ini memang dikenal sebagai di antara negara yang ramah pada umat muslim. Makannya gak kaget bila di Korea Selatan ini tersebar masji-masjid mewah. Inilah 5 masjid di Korea Selatan yang dapat menjadi informasi untuk kita.

1. Seoul Central Mosque
Seoul Central Mosque ialah masjid kesatu yang sedang di kota Seoul. Dibangun tahun 1976 sampai ketika ini masjid ini masih berdiri di area Itaweon, Seoul. Masjid ini menjadi masjid kesatu di negeri K-Pop yang di bina oleh pemerintah Korea Selatan. Masjid mewah kesatu yang terdapat di Korea Selatan ini pun menjadi di antara pusat muslim loh. Pembangunan masjid kesatu ini juga ditolong oleh negara Islam lainnya khususnya Arab Saudi. Masijid berlantai ini memiliki sejumlah fungsi, tidak saja sebagai lokasi ibadah saja. Seoul Central Mosque pun menjadi kantor Federasi Muslim Korea. Masjid kesatu ini pun mempunyai madrasah sebagai sarana edukasi Islam untuk anak-anak selain tersebut ada pun Pusat Penelitian Kebudyaan Islam dan Organisasi Islam lainnya.

2. Masjid Busan
Setelah kota Seoul, masjid kedua yang di bina di negeri K-Pop ialah Masjid Al-Fatah. Masjid ini di bina di Busan pada tahun 1980. Daerah Namsan-dong Keumjeong-ku menjadi rumah untuk masjid kedua yang sedang di Korea. Masjid Al-Fatah ditolong dana dari Ali Fellaq yang adalahMenteri Keuangan libya. Di masjid ini jamaah bisa bertemu dan bertanya tidak sedikit hal tentang Islam untuk kepala masjid. Terdapat pula perpustakaan, sampai-sampai di samping beribadah pengunjung dapatmeningkatkan ilmu pengetahuan Islam di Korea Selatan.

3. Masjid Gwangju
Kalau diacuhkan memang masjid ini bertolak belakang dengan masjid banyak sekali yang berdandan kubah. Walaupun masjid ini jauh dari kata masjid mewah, Masjid Gwangju ini menjadi di antara penggerak muslim di kota Gwangju. Masjid ketiga di Korea Selatan ini mulai dimulai tahun 1981. Berdiri di Yeok-dong 48-9, Gwangju, Gyeonggi-do masjid ini dikelola oleh Federasi Muslim Korea dan menjadi pusat dakwah di Gwangu. Jamaah yangseringkali datang ke masjid ini ialah muslim pendatang dari Mesir, Bangladesh, dan India.

4. Masjid Jeonju
Berdiri di tanah kebiasaan yang adalahibukota provinsi Jeolla Utara, Jeonju. Dibangun pada tahun 1985 atas prakarsa Dr. Abdul Wahab Zahid yang tak beda adalahimam besar Korea Selatan. Diberi nama Masjid Abu Bakar Al Siddiq sebagai bukti kerinduan terhadap shahabiyah. Arsitektur masjid ini perpaduan antara seni Islam dan Korea yang terlihat pada kubah khas masjid tetapi atapnya khas bangunan Korea. Masjid ini merupakanmasjid keempat yang di bina di negeri ginseng sebagai pusat ibadah untuk lebih dari 400-an muslim pribumi yang bermukim di Jeonju dan bakal terus bertambah.

5. Masjid Ansan
Bernama Masjid Sirothol Mustaqim yang beralamat di 741-5 Wongok-dong, Danwon-gu, Ansan-si, provinsi Gyeonggi, Korea Selatan. Masjid Ansan terbilang baru di negeri ginseng ini, pembangunan masjid ini baru dibuka tahun 2007. Imron Rosyadi selaku pegiat Korea Migrant Humanrights Centremengaku bahwa penggerak utama pembangunannya ialah seorang buruh migran asal Brebes mempunyai nama Adjat Sudrajat yang didukung sarat oleh Komunitas Muslim Indonesia (KMI) dan Indonesian Community in Corea (ICC).

Konstruksinya terdiri dari empat lantai. Lantai kesatu dipakai sebagailokasi parkir, lokasi wudhu, dan ruangan guna imam. Di lantai dua dan ketiga sebagai lokasi shalat. Lantai keempat dipakai untuk pekerjaan organisasi TKI Korea di kota Ansan. Masjid Sirothol Mustaqim sebetulnya sudah ada semenjak tahun 2006 dengan mengontrak suatu gedung dan hingga tahun 2013 telah pindah kontrak tiga kali. Di samping yang dilafalkan di atas masih terdapat masjid sah Korea Muslim Federation (KMF) laksana Masjid Paju yang berada di wilayah perbatasan Korsel dengan Korut dan masjid Anyang.

Di negeri ginseng tak sulit mengejar masjid-masjid yang di bina atau didirikan oleh Komunitas Muslim Indonesia (KMI). Misalnya saja Masjid Sayyidina Bilal, Changwon dan masjid Al-Falah di wilayah Guro. Bukan melulu masjid di Korea Selatan ada minimal 35 tempat musholla.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *